logo tripnesia

Ini Dia Tempat Wisata yang Buka di Jawa-Bali

Mulai kehabisan ide untuk akhir pekan setelah setahun lebih menghabiskannya di rumah? Dengan protokol kesehatan ketat, sekarang Anda bisa mendatangi tempat wisata yang buka, lho. Seiring penurunan kasus Covid-19, pemerintah sudah mengizinkan sejumlah objek wisata di Jawa dan Bali kembali menerima pengunjung.

Penasaran ke mana saja Anda dapat berekreasi saat ini? Simak daftar lengkap dan ketentuannya di artikel ini!

Daftar Tempat Wisata yang Buka Saat Ini

Sebelum bergegas mengajak teman dan keluarga berwisata, pastikan tempat tujuan Anda sudah beroperasi. Di wilayah dengan status PPKM level 3, pembukaan tempat wisata masih terbatas pada lokasi yang ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara itu, objek wisata di wilayah PPKM level 2 diizinkan untuk buka dengan kapasitas maksimal 25%. Berikut tempat rekreasi yang dapat Anda kunjungi dari Jakarta hingga Bali

Aturan Pembukaan Tempat Wisata

Walaupun daftar di atas didominasi wisata alam dan luar ruangan, bukan berarti protokol kesehatan dapat dilonggarkan. Malah sebaliknya, pengelola yang telah mengantongi izin operasional harus mematuhi serangkaian aturan yang akan dievaluasi secara berkala. Secara umum, tempat wisata di wilayah PPKM level 3 dan 2 wajib mengikuti ketentuan ini:

Mengikuti protokol kesehatan

Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) menjadi syarat mutlak pembukaan kembali tempat wisata selama PPKM. Sertifikat CHSE sendiri diberikan oleh Kemenparekraf kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lain yang telah menjalankan prokes sesuai standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Menggunakan aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi pelacak Covid ini tidak hanya dipakai untuk keperluan skrining pengunjung, tetapi juga pegawai tempat wisata. Setiap pengunjung harus check in lewat PeduliLindungi, di mana mereka yang statusnya merah dan hitam akan ditolak masuk ke lokasi.

Anak di bawah 12 tahun dilarang masuk

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, rencana liburan keluarga sayangnya harus ditunda dulu. Anak-anak berusia kurang dari 12 tahun termasuk dalam kelompok yang belum bisa menerima vaksin sehingga tidak diizinkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang buka sekarang.

Ganjil-genap kendaraan

Untuk menekan angka wisatawan, sistem ganjil-genap diterapkan di sepanjang jalan menuju dan dari tempat rekreasi. Aturan ini berlaku mulai hari Jumat pukul 12:00 sampai hari Minggu pukul 18:00 waktu setempat.

Dengan kriteria yang ketat seperti di atas, beberapa destinasi populer seperti Kota Tua Jakarta dan Taman Pintar Yogyakarta masih menunggu lampu hijau untuk kembali beroperasi. Namun, tak perlu khawatir karena alternatif yang ada menawarkan berbagai kegiatan yang tak kalah mengasyikkan.

Itulah tempat wisata di Jakarta yang buka saat ini dan pilihan rekreasi lainnya di Jawa-Bali. Untuk meminimalkan kontak, Anda dapat membeli tiket di Traveloka Xperience sebelum pergi ke tempat wisata. Selamat berlibur!

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Saya Pilih Liburan ke Banyu...
Sudah Vaksin? Yuk Berwisata...
Asal Komodo dari Australia,...
Kenapa Cappadocia?
Ini Dia Tempat Wisata yang ...